Image of Psikologi Belajar

Text

Psikologi Belajar



DAFTAR ISI :

BAB I. PENDAHULUAN

Intisari Buku ini

Pendekatan Psikologis Buku Ini

Kiat Mempelajari Buku Ini

BAB II. HUBUNGAN ANTARA PERKEMBANGAN DENGAN BELAJAR

Perkembangan Psiko-Fisik Siswa

Perkembangan Motor (Fisik) Siswa

Perkembangan Kognitif Siswa

Perkembangan Sosial clan Moral Siswa

Arti Penting Perkembangan Kognitif Bagi Proses Belajar Siswa

Mengembangkan Kecakapan Kognitif

Mengembangkan Kecakapan Afektif

Mengerabangkan Kecakapan Psikomotor Rangkuman

BAB III. KONSEP DASAR BELAJAR

Arti Penting Belajar

Anti Penting Belaiar bagi Perkembangan Manusia

Arti Penting Belajar bagi Kehidupan Manusia

Definisi dan Contoh Belajar

Definisi Belajar

Contoh Belajar

Belajar, Memori, dan Pengetahuan

Perspektif Psikologi

Perspektif Agama

Teori-teori Pokok Belajar

Connectionism (Koneksionisme)

Classical Conditioning (Pembiasaan Klasik)

Operant Conditioning (Pembiasaan Perilaku Respons)

Contiguous Conditioning (Pembiasaan Asosiasi Dekat)

Cognitive Theory (Teori Kognitif)

Social Learning Theory (Teori Belajar Social)

Proses dan Tahapan Belaiar

Definisi Proses Belajar

Tahap-tahap dalam Proses Belajar Rangkuman

BAB IV. KARAKTERISTIK, MANIFESTASI, DAN RAGAM BELAJAR

Karakteristik Perubahan Hasil Belajar

Perubahan Intensional

Perubahan Positif-Aktif

Perubahan Efektif-Fungsional

Manifestasi Perilaku Belajar

Manifestasi Kebiasaan

Manifestasi Keterampilan

Manifestasi Pengamatan

Manifestasi Berpikir Asosiatif dan Daya Ingat

Manifestasi Berpikir Rasional dan Kritis

Manifestasi Sikap

Manifestasi Inhibisi

Manifestasi Apresiasi

Manifestasi Tingkah Laku Afektif

Ragam-ragam Belajar

Ragam Abstrak

Ragam Keterampilan

Ragam Sosial

Ragam Pemecahan Masalah

Ragam Rasional

Ragam Kebiasaan

Ragam Apresiasi S. Ragam Pengetahuan Rangkuman

BAB V. EFISIENSI, METODE PENDEKATAN, DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR

Efisiensi Belajar

Definisi Efisiensi Belajar

Efisiensi Usaha Belajar

Efisiensi Hasil Belaiar

Pendekatan dan Metode Belajar

Ragam Pendekatan Belajar

Ragam Metode Belajar

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar

Faktor Internal Siswa

Faktor Eksternal Siswa

Faktor Pendekatan Belajar Rangkurnan

BAB VI. TRANSFER, LUPA, JENUH, DAN KESULITAN BELAJAR

Transfer Belajar

Ragam Transfer Belajar

Terjalinya Transfer Belajar Positif

Transfer dari Short-term Memory ke Long-term Memory

Lupa dan Kejenuhan Belajar

Peristiwa Lupa dalam Belajar

Peristiwa Jenuh dalam Belajar

Kesulitan Belajar

Faktor Penyebab Kesulitan Belajar

Diagnosis Kesulitan Belajar

Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar Rangkuman

BAB VII. EVALUASI DAN PRESTASI BELAJAR

Evaluasi Hasil Belajar

Definisi Evaluasi

Tujuan dan Fungsi Evaluasi

Ragam Evaluasi

Ragam Alat Evaluasi

Syarat Alat Evaluasi

Evaluasi Pelbagai Ranah Psikologis

Prestasi Belajar

Indicator Prestasi Belabor

Pendekatan Evaluasi Prestasi gelajar

Batas Minimal Prestasi Belajar Rangkuman

DAFTAR PUSTAKA

INDEKS

TENTANG PENULIS


Ketersediaan

Ali035DosRuang Baca Prodi BK FKIP ULM BanjarmasinTersedia
Psikologi0008BKULMRuang Baca Prodi BK FKIP ULM BanjarmasinTersedia
Psikologi0171BKULMRuang Baca Prodi BK FKIP ULM BanjarmasinTersedia
Psikologi0036BKULMRuang Baca Prodi BK FKIP ULM BanjarmasinTersedia
Psikologi0172BKULMRuang Baca Prodi BK FKIP ULM BanjarmasinTersedia
Ririn044DosRuang Baca Prodi BK FKIP ULM BanjarmasinTersedia
Psikologi0231BKULMRuang Baca Prodi BK FKIP ULM BanjarmasinTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xx, 256 hlm., 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-421-933-9
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Revisi
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya